Selasa, 09 Juni 2015

Help User Recognize, Diagnose, and Recover From Errors - InstaRekber versi 1.2.1

Ketidakjelasan informasi mengenai kesalahan memasukkan input

Deskripsi

Ketika melakukan login dan bermaksud meminta recovery password yang lupa, pengguna diminta memasukkan nomor telepon yang akan dilakukan recovery password. Dalam keperluan heuristic evaluation ini, dicobakan dimasukkan input nomor telepon yang tidak benar. Setelah diproses muncul pesan yang tidak terlalu jelas mengenai kesalahan input memasukkan nomor telepon, dan jeda waktu ketika muncul dan hilang kembali begitu cepat. Pesan popup yang muncul adalah "param telephone not supply".

Rekomendasi Perbaikan

Bila nomor telepon tidak terdaftar atau tidak sesuai format, sebaiknya diberi keterangan saja berupa popup message yang menyatakan bahwa nomor yang dimasukkan tidak/belum terdaftar atau tidak sesuai format. Dan durasi munculnya popup tersebut diperpanjang.

Severity Rating : 3 (Major usabillity problem)


Informasi error ketidaktersediaan jaringan internet tidak jelas, masih berupa kode yang belum tentu dimengerti

Deskripsi

Di dalam aplikasi intarekber terdapat menu-menu yang memerlukan akses internet untuk membukanya, salah satunya menu Bantuan. Dalam rangka evaluasi heuristic, sebelum membuka menu tersebut, kondisi handphone pengujian dikondisikan tidak terhubung ke jaringan internet. Kemudian ketika menu dipilih, muncul keterangan seperti ini:

Rekomendasi Perbaikan

Keterangan error masih berupa kode yang mungkin masih menyulitkan pengguna. Maka sebaiknya dibuat halaman default yang lebih informatif, mudah dimengerti, dan memberikan keterangan penyebab error adalah jaringan internet yang tidak tersedia.

Severity Rating : 2 (Minor usabillity problem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar