Selasa, 09 Juni 2015

Error Prevention - InstaRekber versi 1.2.1

Form input khusus karakter angka tidak disetting khusus menerima karakter angka

Deskripsi

Pada form registrasi dilakukan pengisian nomor telepon. Mengisi nomor telepon merupakan tahapan penting, karena ID setiap user berdasarkan nomor telepon. Bila input salah, memungkinkan kesalahan sistem registrasi baik di server maupun client. 
Input selain karakter angka bisa dilakukan

Sistem tidak mendeteksi kesalahan input

Rekomendasi Perbaikan

Ketidaktersediaan error prevention pada bagian registrasi dimungkinkan sangat fatal bila dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk merusak sistem. Maka dari itu, pastikan sistem client melakukan kontrol terhadap input yang dikirimkan. Misalkan dengan memberikan warning yang muncul ketika input tidak sesuai. Sehingga pengguna memasukkan informasi sesuai ketentuan untuk mencegah error. 

Severity Rating : 4 (Usability catastrophe: Dilakukan perbaikan segera)


Tidak tersedia bantuan pengisian password sesuai ketentuan

Deskripsi

Dalam tahap registrasi, diperlukan pengisian password sesuai ketentuan. Ketentuannya adalah mengisikan password minimal enam buah karakter. Namun saat tahap pengisian tidak ada instruksi secara realtime yang memandu pengisian password bila sudah mencapai enam karakter atau belum.







Rekomendasi Perbaikan

Bila password yang dimasukkan tidak mencapai enam buah karakter, maka akan terjadi error, yaitu proses registrasi akan gagal. Untuk mencegah error, maka sebaiknya diberikan tanda sebagai instruksi yang membantu user saat memasukkan password, bahwa password sudah sesuai dengan ketentuan yaitu minimal enam karakter.

Severity Rating : 2 (Minor usabillity problem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar